Unair Umumkan Mahasiswa SBMPTN 2022, Sebegini Total yang Diterima

Kamis, 23 Juni 2022 – 18:10 WIB
Unair Umumkan Mahasiswa SBMPTN 2022, Sebegini Total yang Diterima - JPNN.com Jatim
Unair mengumumkan jumlah mahassiwa baru yang diterima dari jalur SBMPTN 2022. Foto: Arry Saputra/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Airlangga (Unair) mengumumkan penerimaan mahasiswa baru dari seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Daya tampung SBMPTN di Unair sebetulnya tersedia 1.884. Akan tetapi yang diterima melebihi kuota tersebut.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih menyampaikan dari 31.880 pendaftar yang diterima sebagai mahasiswa baru sebanyak 1.925 pada jalur tersebut.

"Penerimanya melebihi sedikit di atas daya tampung. Namun, belum tahu langkah selanjutnya diterima atau enggak. Misalnya, yang bersangkutan mempunyai kebutaan sehingga mengganggu proses belajar mengajar bisa saja tidak lolos lalu dialihkan ke tempat lain," ujar Nasih saat konferensi pers, Kamis (23/6).

Adanya kelebihan daya tampung pada penerimaan kali ini lantaran beberapa program studi yang peminatnya pada jalur mandiri rendah maka ditambahkan ke kuota SBMPTN.

"Misalnya, seperti farmasi, kesehatan masyarakat di mana pada umumnya menjadi pilihan kedua. Pilihan satunya kedokteran biasanya banyak yang tidak daftar ulang maka kami seimbangkan," jelasnya.

Dari jumlah yang lolos SBMPTN 2022 tersebut, 347 mahasiswa di antaranya merupakan peserta pemegang KIP. Rinciannya di keperawatan 21 orang, ekonomi pembangunan 20, dan ekonomi Islam 20.

Terkait tingkat keketatan, Nasih menyebut Fakultas Kedokteran Unair masih mendominasi. Terbukti hanya tiga persen pendaftar yang dinyatakan lolos dan 97 persen peserta di jalur itu gugur.

"Bukan berarti yang tidak diterima tidak pintar atau kurang pandai. Berkaitan SBMPTN tak bisa diartikan sebagai itu. Mereka yang belum diterima kurang beruntung," ucapnya.

Jumlah mahasiswa baru yang diterima dalam jalur SBMPTN Unair mencapai 1.925 orang dari jumlah pendaftar sebanyak 31.880 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News