Unair Bakal Buka Pusat Vokasi di Gresik, Begini Detailnya

Selasa, 24 Agustus 2021 – 22:28 WIB
Unair Bakal Buka Pusat Vokasi di Gresik, Begini Detailnya - JPNN.com Jatim
Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya. (ANTARA Jatim/HO-Humas Unair/WI)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tiga Program Studi (Prodi) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya, yakni D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), D3 Teknologi Laboratorium Medis, dan D4 Teknologi Radiologi Pencitraan membuka kelas baru di Gresik.

Dekan Fakultas Vokasi Unair Prof. Anwar Ma’ruf menyampaikan bahwa Gresik ke depan akan menjadi pusat Vokasi Universitas Airlangga sesuai mandat Rektor Prof. Mohammad Nasih.

"Tahun ini, kami mendapatkan tugas dari rektor, beliau menginginkan nanti daerah di sekitar Surabaya, seperti Gresik dan Sidoarjo menjadi pusat vokasinya Unair," kata Anwar.

Dia menerangkan pemilihan wilayah Gresik bukan tanpa sebab. Selain karena letak geografisnya dekat, fakultas vokasi sebelumnya sudah mendirikan Program Studi D3 Keperawatan di Gresik.

Kehadiran tiga prodi Fakultas Vokasi di Gresik itu pun mendapatkan respons positif dari Bupati Fandi Akhmad Yani atau Gus Yani.

Gus Yani mendukung Gresik menjadi pusat Vokasi Unair, khususnya kawasan industri Java Integrated and Ports Estate (JIIPE).

Bupati bahkan berencana memberikan hibah tanah kepada Unair. Letaknya masih satu deret di samping Rumah Sakit Ibnu Sina.

"Kalau kami melihat di kampus B itu, kan, mau dibangun juga tempatnya sudah overload. Dari situ, Unair melihat bahwa sangat cocok sekali Gresik sebagai pusat vokasinya," ujar dia. (antara/mcr13/jpnn)

Unair memiliki rencana membangun pusat vokasi di daerah sekitar Surabaya. Untuk langkah awal, tiga prodi berikut bakal buka kelas di sana.
Sumber Antara