Nadiem Makarim Berangkatkan Muhibaya Jalur Rempah Tepat di Hari Kelahiran Pancasila

Rabu, 01 Juni 2022 – 21:15 WIB
Nadiem Makarim Berangkatkan Muhibaya Jalur Rempah Tepat di Hari Kelahiran Pancasila - JPNN.com Jatim
Mendikbudristek Nadiem Makarim, (berkalung bung) bersama Wakil Kepala Sfaf TNI AL Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono (tiga dari kiri), memberangkatkan kapal KRI Dewaruci. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - KRI Dewaruci berangkat dalam dengan misi Muhibaya Jalur Rempah di Dermaga Madura Tengah Koarmada II Surabaya, Rabu (1/6).

Kapal perang itu sebelumnya dilepas Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, bersama Wakil Kepala Staf TNI AL Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Dalam sambutannya, Nadiem mengatakan keberangkatan Muhibaya Jalur Rempah ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Jalur rempah dan Pancasila adalah tonggak penting dalam perjalanan sejarah bangsa kita. Jalur rempah yang berpusat di nusantara ini berperan penting dalam mendorong kemajuan peradaban global,” kata Nadiem.

Muhibaya Jalur Rempah merupakan program unggulan Kemendikbudristek sebagai upaya untuk menegaskan Indonesia sebagai negara maritim.

Perjalanan itu, lanjut Nadiem, akan memperkuat upaya kemajuan kebudayaan dan penguatan pendidikan karakter berbasis pancasila yang diupayakan bersama.

“Bukan hanya dengan ceramah dan pidato, tetapi dengan aksi mengarungi lautan, seperti leluhur kita dahulu,” kata Nadiem.

Maka dari itu, Nadiem berharap laskar rempah yang diberangkatkan bisa menjadi pembawa dan penyebar pesan kebhinekaan di setiap daerah yang dikunjungi nanti.

Begini pesan Nadiem Makarim kepada 55 laskar rempah yang berlayar mengarungi Nusantara dalam program Muhibaya Jalur Rempah
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News