Presiden Jokowi Instruksikan Menteri Nadiem Tambah Anggaran Riset

Senin, 15 Januari 2024 – 14:26 WIB
Presiden Jokowi Instruksikan Menteri Nadiem Tambah Anggaran Riset - JPNN.com Jatim
Mendikbudristek Nadiem Makarim diinstruksikan Presiden Jokowi untuk meningkatkan anggaran riset. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Presiden Jokowi menginstruksikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim untuk menambah anggaran riset bagi perguruan tinggi.

Hal itu diungkapkan Jokowi saat sambutan dalam Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia (FRI) 2024 di Graha UNESA Surabaya, Senin (15/1).

Permintaan soal penambahan anggaran riset tersebut bertujuan untuk memaksimalkan terbentuknya SDM unggul agar dapat mengelola kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah di Indonesia.

Jokowi pun menunjuk BRIN dan Bappenas untuk merancang kebutuhan riset guna menjawab tantangan dan peluang yang dihadapi pada masa depan.

“Pak Nadiem, anggarannya (riset) diperbesar,” kata Jokowi.

Jokowi bahkan meminta penambahan anggaran tersebut mulai ditambah pada tahun ini.

“Enggak apa-apa dimulai tahun ini. Nanti kan sudah ganti presiden, tetapi dimulai dahulu yang gede (anggaran riset). Jadi, presiden yang akan datang pasti mau tidak mau melanjutkan, entah itu (paslon) 01, 02 atau 03,” tuturnya.

Jokowi juga menegaskan jika anggaran untuk riset ditambah dan menjadi lebih besar, pemimpin selanjutnya tidak akan berani menghentikan.

Demi menciptakan SDM unggul, Presiden Jokowi menginstruksikan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim untuk menambah anggaran riset.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News