Belasan Sapi di Kota Batu Mendadak Mati, Peternak Kebingungan

Senin, 23 Mei 2022 – 11:34 WIB
Belasan Sapi di Kota Batu Mendadak Mati, Peternak Kebingungan - JPNN.com Jatim
Puluhan sapi perah di Kota Batu tiba-tiba sekarat dan mati yang terindikasi terkena penyakit manular PMK. Foto: Source Humas Polres Batu for JPNN.com

jatim.jpnn.com, BATU - Sejumlah sapi di Kota Batu mati dalam rentang waktu seminggu. Puncak kejadian tersebut terjadi pada Minggu (22/5).

Banyaknya sapi perah yang mati tersebut terjadi di Dusun Jeding RW 7 dan 8, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Kapolsek Junrejo AKP Anton Hendry Subagijo mengatakan setelah mendapat informasi tersebut pihaknya segera menginstruksikan jajarannya untuk terjun mengecek kebenaranya.

"Pihak kepolisian langsung menyampaikan ke dinas terkait, termasuk koordinasi dengan dokter hewan untuk mengetahui penyebab matinya puluhan sapi milik warga,” kata Anton.

Menurutnya, dari data yang diterima ada sepuluh sapi yang mati dan delapan sapi terpaksa dipotong karena keadaannya memburuk dan dipastikan akan mati jika dibiarkan.

Pihak kepolisian dan dinas masih belum memastikan bahwa belasan sapi yang meninggal tersebut akibat penyakit mulut dan kuku (PMK).

Namun, banyak kemungkinan bisa terindikasi PMK karena diketahui penularan virusnya sangat cepat terhadap ternak.

pascatemuan itu, pihak kepolisian dan dinas terkait berkoordinasi melakukan penyemprotan secara berkala di beberapa titik.

Belasan sapi di Kota Batu mendadak mati terindikasi PMK
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News