Hari Metrologi Dunia, BSN Berdialog dengan Mahasiswa soal Standardisasi Nasional

Jumat, 13 Mei 2022 – 13:09 WIB
Hari Metrologi Dunia, BSN Berdialog dengan Mahasiswa soal Standardisasi Nasional - JPNN.com Jatim
Memperingati Hari Metrologi Dunia, BSN melakukan dialog dengan mahasiswa di Ruang Senat UMM pada Jumat, (13/5). Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Peran metrologi dalam roda perekonomian sangat penting. Momen peringatan Hari Metrologi Dunia dapat menjadi refleksi begitu dekatnya kehidupan manusia dengan perhitungan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN Zul Amri menyatakan metrologi memegang peranan penting dalam inovasi ilmiah, industri manufaktur, perdagangan, kesehatan, keselamatan, keamanan, dan perlindungan kepentingan umum.

“Metrologi sebagai pondasi teknis dalam standardisasi karena tidak ada satu pun kegiatan standardisasi yang tidak menggunakan aktivitas mengukur," ucapnya, Jumat (13/5).

Dia juga mengutarakan metrologi memiliki hasil pengukuran dari alat yang digunakan terjamin nilainya. Itu bahkan mampu ditelusuri ke sistem internasional dan hasil pengukurannya sama.

Dalam mengelola standar nasional satuan ukuran, BSN sebagai lembaga metrologi nasional di Indonesia berpartisipasi dalam perbandingan pengukuran di Bureau International des Poids et Mesures (BIPM).

Dia juga menerangkan Hari Metrologi Sedunia yang diperingati setiap 20 Mei itu didedikasikan untuk memperingati penandatanganan Konvensi Meter pada 20 Mei 1875 oleh perwakilan dari tujuh belas negara.

"Tujuan dari Konvensi Meter adalah untuk menciptakan keseragaman pengukuran di seluruh dunia hingga saat ini," ucapnya. (mcr26/jpnn)

Memperingati Hari Metrologi Dunia, BSN melakukan dialog dengan mahasiswa terkait dengan standardisasi nasional.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News