PPPK Masih Belum Sejahtera, Hanya Dapat Tukin Sebegini, Sungguh Nelangsa

Rabu, 11 Mei 2022 – 07:33 WIB
PPPK Masih Belum Sejahtera, Hanya Dapat Tukin Sebegini, Sungguh Nelangsa - JPNN.com Jatim
Pengurus Forum Komunikasi Penyuluh Nasional Abdul Mujid. Foto Mesya/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) rupanya masih belum belum bisa bernapas dengan lega. Pasalnya, hingga kini kesejahteraan yang merata dapat belum semuanya setara PNS

Banyak di antara mereka yang belum mendapatkan hak sebagai PPPK. Hal tersebut diungkapkan oleh Pengurus Forum Komunikasi Penyuluh Nasional Abdul Mujid.

Mujid merupakan salah satu dari 11 ribuan penyuluh yang lulus PPPK 2019. Akan tetapi, seusai diangkat pada 2021 hanya mendapatkan gaji tanpa tunjangan kinerja.

Demi mendapatkan kesejahteraan dalam hidupnya, mereka tetap harus menyambi pekerjaan lain lantaran gaji yang diterima pas-pasan.

"Saya jadi petani juga. Kalau hanya mengandalkan gaji PPPK, ya enggak cukup," ucapnya.

Pendapatannya sebagai petani jika dihitung-hitung malah lebih besar dibandingkan PPPK. Namun, status sebagai PPPK, kata dia, hanya untuk pengakuan atas pengabdian mereka sejak 2007.

"Seharusnya kan kami diangkat PNS, bukan PPPK. Namun, kami terima saja dengan harapan antara PNS dan PPPK tidak dibedakan," ujarnya.

Mujid berharap, hak-hak PPPK sebagaimana yang tertuang dalam PP Manajemen PPPK bisa diterima seluruhnya. Paling tidak ini bisa menutupi kekecewaan mereka.

Jumlah pemda yang sudah membayar tunjangan kinerja atau tukin PPPK ternyata masih sangat sedikit. Honorer K2 yang sudah jadi PPPK merasa nelangsa.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News