Gawat! Ratusan Kasus Suspek Hepatitis Akut Tersebar di 18 Daerah Jatim

Kamis, 05 Mei 2022 – 11:12 WIB
Gawat! Ratusan Kasus Suspek Hepatitis Akut Tersebar di 18 Daerah Jatim - JPNN.com Jatim
Dinas Kesehatan Jatim meminta masyarakat mewaspadai hepatitis akut misterius. Foto: Ilustrasi/Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Kesehatan Jawa Timur mencatat ada ratusan kasus suspek hepatitis akut.

Berdasarkan data dari Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR) Jawa Timur per 4 Mei 2022 ada sebanyak 114 kasus suspek akut usia umum bukan hanya di bawah 16 tahun.

Kasus suspek tersebut tersebar di 18 kabupaten/kota di Jatim.

"Minggu ke-14 hingga minggu ke-17 (tahun 2022) cenderung mengalami kenaikan," ujar Kepala Dinkes Jatim dr Erwin Astha Triyono tertulis, Kamis (5/5).

Erwin menyebut perlunya kewaspadaan agar penyebaran hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya tersebut bisa ditekan.

Pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota dan jejaring dinkes, rumah sakit, serta puskesmas. Selain itu, membangun dan memperkuat jejaring kerja surveilans dengan lintas program dan sektor.

"Kami juga terus melakukan promosi kesehatan melalui media KTE agar masyarakat dapat memahami gejala hepatitis akut tersebut," katanya.

Kasus suspek hepatitis akut terus dipantau dan dilaporkan dalam SKDR dengan gejala yang ditandai dengan kulit dan sklera berwarna ikterik atau kuning dan urine berwarna gelap yang timbul secara mendadak.

Sudah ada ratusan kasus hepatitis akut misterius yang tersebar di 18 kabupaten/kota di Jatim, masyarakat kenali gejalanya dan harus waspada.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News