H-1 Idulfitri 2022, Gunung Semeru Muntahkan APG ke Arah Curah Kobokan

Minggu, 01 Mei 2022 – 16:49 WIB
H-1 Idulfitri 2022, Gunung Semeru Muntahkan APG ke Arah Curah Kobokan - JPNN.com Jatim
Gunung Semeru setelah mengalami aktivitas vulkani sehari sebelumnya. Foto: Source BPBD Lumajang for jpnn

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Gunung Semeru kembali memuntahkan awan panas guguran tepat pada H-1 Hari Raya Idulfitri 2022.

Berdasarkan pengamatan dari Pos Pantau Bukit Sawur, luncuran APG menuju Dusun Besuk Kobokan dan Sungai Besuk Lengkong, Lumajang. Tercatat panjang luncuran APG Gunung Semeru itu mencapai 3,5 kilometer.

Dari hasil catatan alat seismograf, luncuran awan panas tersebut menghasilkan getaran mencapai 22 amak. Lama durasinya sekitar 300 detik.

Beruntung, dalam kejadian luncuran APG Gunung Semeru itu, tidak ada angin kencang dan menyebar di wilayah pedesaan lereng gunung sehingga kejadian tersebut tidak mengancam penduduk.

Kalaksa BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengatakan ketika Semeru meluncurkan awan panas, langit memang sedang cerah sehingga visualnya terlihat dengan jelas dari kamera pemantauan.

"Status Semeru masih tetap siaga level 3," kata Patria, Minggu (1/5).

Dia juga mengimbau masyarakat pedesaan lereng Gunung Semeru meningkatkan kewaspadaan.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun melarang warga beraktivitas apa pun di sekitar sektor tenggara Semeru. tepatnya di sepanjang Besuk Kobokan Kobokan.

Gunung Semeru kembali memuntahkan APG sejauh 3,5 kilometer ke arah Dusun Curah Kobokan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News