130 KK Penyintas Gunung Semeru Mulai Tampati Hunian Baru

Jumat, 29 April 2022 – 14:29 WIB
130 KK Penyintas Gunung Semeru Mulai Tampati Hunian Baru - JPNN.com Jatim
Bupati Lumajang Thoriqul Haq memberikan secara simbolis kepada korban APG Gunung Semeru terkait hunian baru. Foto: Source Humas Pemkab Lumajang for JPNN.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Sebanyak 130 KK di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang mulai menempati hunian baru yang dipersiapkan pemerintah.

Mereka merupakan korban dari bencana Gunung Semeru beberapa waktu lalu yang tempat tinggalnya rusak.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan pemindahan lokasi hunian korban terdampak awan guguran panas (APG) Gunung Semeru mendekati Hari Raya Idulfitri sudah sesuai dengan janji pemerintah.

"Ini bulan puasa penuh berkah bagi masyarakat terdampak bencana semeru. Tahap awal 130 keluarga yang akan menempati," kata Thoriq, Jumat (29/4).

Thoriq menyebut pemindahan penyintas yang tinggal di posko pengungsian sehingga masyarakat bisa berkumpul dan menyambut Hari Raya Idulfitri di tempat yang lebih aman dan nyaman bersama keluarganya.

Pihaknya berharap para korban penyintas bencana Gunung Semeru bisa memanfaatkan bantuan secara maksimal agar dapat meningkatkan kualitas kehidupan ke depannya.

"Masyarakat yang tinggal di pengungsian Penanggal kami prioritaskan terlebih dahulu, agar di tempat pengungsian bisa tinggal dan berhari raya di tempat yang lebih layak bersama keluarga," jelasnya.

Tempat hunian relokasi tersebut mulai bisa ditempati sejak Rabu, (27/4). Hunian baru tersebut bisa ditempati empat orang. Selain dikatakan layak, lokasinya juga dekat dengan mata pencarian para warga. (mcr26/jpnn)

130 KK penyintas Gunung Semeru mulai menempati rumah yang disediakan pemerintah

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News