Asyik! Madiun Bakal Punya Wisata Kuliner Berkonsep Kereta

Kamis, 14 April 2022 – 22:26 WIB
Asyik! Madiun Bakal Punya Wisata Kuliner Berkonsep Kereta - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Sejumlah pekerja selesai mengangkat rel yang telah tertutup aspal di Jalan Bogowonto, Kota Madiun, Jatim. Pengangkatan kembali rel kuno tersebut untuk mendukung rencana Pemkot Madiun bekerja sama dengan PT INKA (Persero) dan PT KAI (Persero) untuk membangun tempat wisata kuliner berkonsep kereta api. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Pemkot Madiun berencana membangun kawasan ekonomi baru di Jalan Bogowonto untuk dijadikan sentra wisata kuliner berkonsep kereta dan edukasi tentang kereta kuno.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan pihaknya ingin mengangkat sejarah mengenai perkeretaapian.

"Kami ingin mengangkat sejarah tempo dulu tentang perkeretaapian itu agar tidak hilang," kata Maidi, Rabu (13/4).

Dalam proyek tersebut, pemkot Madiun bekerja sama dengan PT Industri Kereta Api atau INKA.

Menurutnya, semua memiliki peran masing-masing. PT INKA berperan membuat gerbong wisatanya, KAI mengangkat jalur rel KA di kawasan Jalan Bogowonto yang tidak aktif, sedangkan pemkot sebagai pengelolanya.

Gerbong saja tentu belum cukup. Untuk lokomotif, Pemerintah Kota Madiun mendapat sumbangan dari PG Redjo Agung Baru.

Pembuatan empat gerbong untuk tempat wisata kuliner berkonsep kereta api di Jalan Bogowonto, Madiun saat ini sedang dikebut oleh PT INKA.

Senior Manajer Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (SM TJSL) dan Stakeholder Relationship PT INKA Bambang Ramadhiarto mengatakan progresnya saat ini dalam tahap desain.

Pemkab Madiun berencana membangun kawasan ekonomi di Jalan Bogowonto dengan konsep wisata kuliner dan sejarah.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News