Malaysia Berulah Mau Daftarkan Reog Ponorogo ke UNESCO, Bu Khofifah Langsung Sat-set

Sabtu, 09 April 2022 – 09:10 WIB
Malaysia Berulah Mau Daftarkan Reog Ponorogo ke UNESCO, Bu Khofifah Langsung Sat-set - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menemui Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Balai Kota. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Ponorogo sedang menyiapkan dokumen penguat yang menunjukan bahwasanya kesenian Reog berasal dari Ponorogo Jawa Timur, Indonesia.

Hal ini dilakukan munculnya kabar bahwa Negeri Jiran Malaysia berusaha mengajukan Reog Ponorogo sebagai budaya miliknya ke UNESCO.

“Saya sudah koordinasi dengan Bupati Ponorogo bahwa dokumen yang menunjukkan sisi historical Reog berasal dari Ponorogo masih dikuatkan,” kata Khofifah, Jumat (8/4).

Jadi, lanjut Khofifah dokumen dari sisi kesejarahan harus diberi testimoni oleh seluruh masyarakat.

“Dokumen-dokumen inilah yang memang harus dilengkapi,” katanya

Khofifah juga sudah berkoordinasi dengan Menko PMK Muhadjir Effendy.

“Saya minta pada Bupati Ponorogo untuk cari dokumen yang kira-kira secara scientific bisa meyakinkan UNESCO bahwa Reog produk asli seniman budayawan Ponorogo, Indonesia,” tegas Khofifah.

Khofifah menjelaskan pengajuan kesenian Reog Ponorogo milik Indonesia ke UNESCO sudah disiapkan sejak dua bulan lalu oleh Menko PMK.

Khofifah bersama Bupati Ponorogo sedang menyiapkan dokumen penguat untuk mengeklaim kesenian Reog berasal dari Indonesia
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News