Sosok Almarhum Dokter Urip Murtedjo, Staf Pengajar FK Unair di Mata Kolega

Senin, 14 Maret 2022 – 03:59 WIB
Sosok Almarhum Dokter Urip Murtedjo, Staf Pengajar FK Unair di Mata Kolega - JPNN.com Jatim
Kampus Universitas Airlangga Surabaya. (ANTARA Jatim/HO-Humas Unair/WI)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Staf Pengajar Departemen Ilmu Bedah FK Unair Surabaya dr Urip Murtedjo meninggal dunia pada Minggu (13/3) siang.

Dokter Urip Murtedjo lahir pada Surabaya, 4 Juni 1951. Ahli bedah kepala leher tersebut memiliki inovasi Dokter Pendidik Klinis (Dokdiknis). Lewat terobosan itu, staf pegawai rumah sakit ikut terlibat mengajar di FK Unair.

Wakil Dekan 2 FK Unair Dr Hanik Badriyah Hidayati mengatakan inovasi itu dibuat seiring banyaknya Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) yang belajar di tempat tersebut.

"Jika hanya diajar oleh dosen FK Unair saja, tidak akan cukup. Karena atas inisiatifnya, beliau mengusulkan adanya program Dokdiknis yang akhirnya, kini lahirlah banyak dokter spesialis berkat beliau," terangnya, Minggu (13/3).

Hingga saat ini, kata dia, Dokdiknis diberlakukan di banyak institusi pendidikan kesehatan yang berafiliasi dengan rumah sakit.

Untuk diketahui, selama masa pengabdiannya, dokter berusia 70 tahun ini memiliki banyak jabatan di RSUD Dr. Soetomo, antara lain, Wakil Direktur Pendidikan dan Penelitian, Wadir Pelayanan Medik, serta Plt. Kepala Instalasi Rawat Darurat.

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Ketua Pengembangan Paliatif dan Bebas Nyeri, Ketua Forum Pers, dan Kepala Instalasi Rawat Darurat.

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Dr Soetomo Dr Anang Endaryanto juga menyampaikan Dokter Urip meninggalkan banyak jasa, seperti Gedung Paliatif RSUD Dr. Soetomo yang didirikan ada atas pemikiran dan keringat almarhum.

Staf Pengajar Departemen Ilmu Bedah FK Unair Surabaya dr Urip Murtedjo. Banyak kerja keras dan jasa yang dia curahkan. Begini menurut koleganya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News