Jembatan Penghubung Antardesa di Jember Terputus, 37 KK Dikabarkan Terisolasi

Rabu, 09 Maret 2022 – 23:25 WIB
Jembatan Penghubung Antardesa di Jember Terputus, 37 KK Dikabarkan Terisolasi - JPNN.com Jatim
Petugas BPBD Jember menuju ke lokasi jembatan terputus akibat diterjang banjir luapan sungai, Selasa (8/3/2022) malam. (ANTARA/HO-BPBD Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Sebanyak 37 KK dikabarkan terisolasi akibat jembatan yang menghubungkan Desa Manggisan dengan Desa Darungan Kabupaten Jember terputus diterjang banjir luapan sungai, Selasa (8/3).

Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo mengatakan banjir tersebut disebabkan angin hujan lebat disertai angin kencang.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah di Jember dan air Sungai Sumber bulus DAS Tanggul mengalami kenaikan yang mengakibatkan jembatan terbawa arus," jelas Heru saat dikonfirmasi, Rabu (9/3).

Menurutnya, ada dua lokasi yang terdampak, yaitu Desa Darungan di Kecamatan Tanggul, tetapi tidak sampai merendam permukiman karena kawasan di sana adalah perkebunan.

"Kedua di Dusun Meger Sari Gondang, Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul yang menyebabkan jembatan penghubung Desa Manggisan dan Desa Darungan terputus, di sana terdapat 37 KK," ungkapnya.

Petugas mengalami kendala menuju ke lokasi terdampak banjir luapan karena akses ke lokasi sudah terkendala jalan berbatu dan kurangnya penerangan jalan.

"Petugas tidak bisa melakukan assesmen ke Dusun Mager Sari Gondang di Desa Manggisan karena kondisi masih hujan dan akses jalan yang tidak dapat dilalui kendaraan," katanya.

Heru mengimbau kepada masyarakat selalu waspada terhadap cuaca ekstrem. Selain itu, warga yang berada di bantaran sungai lebih meningkatkan kesiagaannya ketika hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat.

Sebanyak 37 KK terisolasi akibat jembatan penghubung antardesa di Jember terputus
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News