Mengenal Sejarah Kereta Api Lewat Pameran Cagar Budaya di Gubeng Surabaya

Kamis, 25 November 2021 – 20:41 WIB
Mengenal Sejarah Kereta Api Lewat Pameran Cagar Budaya di Gubeng Surabaya - JPNN.com Jatim
Seorang pengunjung tengah membaca informasi periodesasi kereta api di pameran cagar budaya. (Foto : Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ada yang lain dari Stasiun Gubeng Surabaya. Para pengunjung maupun penumpang kini bisa menyaksikan pameran cagar budaya dengan tema ‘Kereta Api Riwayatmu Dulu’.

Pameran yang digelar pada 22-26 November 2021 tersebut ingin mengenalkan sejarah perkeretaapian dari zaman kolonial Belanda.

Koordinator pameran cagar budaya di Stasiun Gubeng Surabaya, Eni Yumastuti menjelaskan kegiatan tersebut digelar oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

“Kami sengaja mengangkat tema kereta api karena pada zaman dahulu, transportasi itu biasa digunakan untuk mengangkut hasil bumi dari Indonesia ke luar negeri,” ujarnya ketika ditemui, Kamis (25/11).

Menurutnya pameran tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran jati diri bangsa dan memotivasi generasi muda mencintai sejarah budayanya.

“Selain menjelaskan fungsi kereta zaman dahulu, juga memaparkan beberapa perusahaan kereta api yang pernah berdiri di masa Hindia-Belanda,” jelasnya.

Pemeran tersebut juga memperlihatkan artefak-artefak pada masa Hindu-Buddha hingga masa awal Islam.

“Ada Arca Dewa Wisnu, panah dari batu, dan kapak-kapak purbakala,” jelasnya.

Lewat pameran cagar budaya kenalkan sejarah kereta api Indonesia