Ada Hal Menarik dari Gempa Pacitan Selasa Malam

Rabu, 28 Juli 2021 – 14:37 WIB
Ada Hal Menarik dari Gempa Pacitan Selasa Malam - JPNN.com Jatim
BMKG menyoroti gempa bumi di Pacitan pada Selasa (27/7) malam. Ilustrasi Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, PACITAN - Gempa bumi yang mengguncang Jawa Timur bagian selatan dengan magnitudo diperbarui 5,0 pada Selasa (27/7) pukul 23.21 WIB, tepatnya di laut 94 km arah selatan Kota Pacitan disoroti BMKG.

"Lokasi lindu Pacitan tadi malam sangat menarik karena berdekatan dengan episentrum gempa besar yang merusak Pulau Jawa pada 27 September 1937," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Rabu (28/7).

Dia memaparkan dalam katalog sejarah lindu Jawa, gempa besar pada 1937 berdampak kerusakan mencapai skala intensitas VII-IX di Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Akibat bencana itu menyebabkan 2.200 rumah roboh dan beberapa orang meninggal.

Episentrum gempa 84 tahun lalu itu terletak di laut sekitar 113 km arah barat daya Pacitan dengan guncangan terjauh dirasakan sampai Pulau Lombok.

Daryono menjelaskan lindu yang mengguncang Pacitan pada Selasa malam itu, adalah gempa kedalaman menengah imbas deformasi batuan pada slab Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di selatan Jawa.

Tepatnya di zona transisi antara zona sumber gempa megathrust dan zona benioff dengan mekanisme sumber menunjukkan pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan gempa paling kuat dirasakan di Pacitan mencapai skala intensitas III-IV MMI yaitu bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

BMKG menyebutkan ada hal menarik dari gempa bumi yang mengguncang Pacitan pada Selasa (27/7) malam.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News