Arkeolog Temukan 3 Arca Sebelum Era Majapahit di Situs Gondang Trenggalek, Diduga Patung Ini

Senin, 01 Agustus 2022 – 11:15 WIB
Arkeolog Temukan 3 Arca  Sebelum Era Majapahit di Situs Gondang Trenggalek, Diduga Patung Ini - JPNN.com Jatim
Arkeolog melakukan eskavasi di Situa Gondang Trenggalek dan menemukan tiga arca serta struktur bata kuno yang terpendam di kedalaman tanah sekitar 40 cm (ANTARA/HO - foto warga)

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Tiga arca utuh dan struktur bangunan perkiraan berusia lebih tua dari zaman Kerajaan Majapahit ditemukan di Trenggalek.

Arca dan struktur bata kuno itu ditemukan oleh Tim Arkeologi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jatim saat melakukan ekskavasi di Situs Gondang, Kecamatan Tugu sejak Selasa (26/7) hingga Jumat (29/7).

Arca-arca tersebut diidentifikasi sebagai patung Agastya, Mahakala, dan Apsari.

"Arca tersebut terbuat dari batu andesit, batu kapur, dan terakota. Dengan temuan ini ada lima arca yang ditemukan di Situs Gondang, dua di antaranya pada 2018," kata Pamong Budaya Ahli Madya BPCB Jatim Mohammad Said, Sabtu (30/7).

Selain tiga arca, BPCB Jatim juga menemukan struktur batu-bata berukuran 6x6 meter. Dari analisis sementara, konstruksi itu diduga merupakan sebuah kaki candi.

Bangunan tersebut diduga peninggalan sebelum era Kerajaan Majapahit. Analisis itu berdasarkan indikasi dari dimensi batu-bata yang cukup besar.

"Ukuran candi 6x6 meter, lapisan batu dalam yang ditemukan sembilan lapis. Batu-bata lumayan besar, kalau dilihat dari dimensinya berbeda dengan tinggalan Majapahit, mungkin ini lebih tua," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek Sunyoto mengatakan pihaknya bakal melakukan pembahasan terkait temuan situs tersebut dan melaporkan benda purbakala tersebut kepada Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Tim Arkeolog dari Pelestarian Cagar Budaya Jatim menemukan tiga arca yang diidentifikasi usianya sebelum era zaman Kerajaan Majapahit. Wow!
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News