Bagi Kaum Milenial yang Suka Budaya Asing, Ada Pesan dari GBN Jatim

Jumat, 29 Oktober 2021 – 20:21 WIB
Bagi Kaum Milenial yang Suka Budaya Asing, Ada Pesan dari GBN Jatim - JPNN.com Jatim
Seminar Bela Negara di era pandemi dalam rangka peringatan hari sumpah pemuda. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gempuran di segala sektor akibat perkembangan teknologi informasi bisa membuat generasi milenial meninggalkan budaya Indonesia. Hal itu yang dikhawatirkan oleh Gerakan Bela Negara (GBN) Jawa Timur.

Ketua Pembina Pelatih Kader GBN Jatim Tjahyo Widodo mengatakan selama pandemi Covid-19, peran anak muda cukup luar biasa. Hal itu terlihat dari munculnya berbagai inovasi untuk membantu masyarakat.

Selain itu, banyaknya kreativitas yang dibuat generasi muda juga membantu roda perekonomian bagi pelaku UMKM.

"Seperti eksplorasi keindahan alam, itu akan menjadi peluang dan potensi besar naiknya perekonomian di suatu daerah untuk dikembangkan," kata Tjahyo dalam seminar di Dispendik Jatim, Rabu (27/10).

Meski begitu, sikap generasi muda seharusnya dibarengi dengan makna Sumpah Pemuda. Artinya, kaum milenial punya kekuatan persatuan.

Misalnya, seperti Amerika dan India tersisihkan karena konflik kulit putih dan hitam. Berbeda dengan Indonesia yang generasi mudanya tidak ada mendiskriminasi suku dan budayanya.

"Dari 700 suku bangsa, bahasa, dan budaya menjadi satu. Dalam Sumpah Pemuda, menjunjung tinggi bahasa persatuan dan landasan itu harus diperkuat," ujar dia.

Bahasa Indonesia merupakan jati diri bangsa, tetapi banyak generasi muda yang bangga dengan bahasa asing.

GBN Jatim memberikan pesan kepada kaum milenial agar tetap mempunyai jiwa sumpah pemuda
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News