Sakit Pilek Pada Anak, Jangan Diremehkan, Waspadai Gejala Pneumonia

Kamis, 18 November 2021 – 12:55 WIB
Sakit Pilek Pada Anak, Jangan Diremehkan, Waspadai Gejala Pneumonia - JPNN.com Jatim
Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari Merr, dr Arief W Rosli SpA saat memberikan talkshow ‘Cegah Pneumonia Sejak Dini’ di Grand City Mall Surabaya (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Para orang tua diwanti-wanti untuk tidak meremehkan bila anak mereka mengalami batuk maupun pilek. Sebab, bisa jadi itu merupakan gejala terkena pneumonia.

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari Merr, dr Arief W Rosli SpA menjelaskan pneumonia merupakan penyakit yang menyerang saluran pernapasan.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa terkena gejala peradangan di jaringan paru-paru tersebut.

“Anak usia di bawah lima tahun rentan terkena penyakit tersebut,” ujarnya pada talk show yang digelar di Atrium Mall Grand City, Rabu malam (17/11).

Apalagi, lanjut dr. Arief, kondisi cuaca sekarang dalam peralihan dari musim panas ke musim hujan yang bisa mempercepat penyebaran virus.

Jika gejala pneumonia pada anak diabaikan, kondisi anak bukannya membaik, tetapi makin parah sehingga akan muncul gejala baru seperti sesak nafas.

“Sudah terlambat kalau kondisi seperti itu baru dibawa ke rumah sakit. Anak pada usia 1 tahun memiliki anatomi saluran napas yang kecil. Jadi, harus secepatnya dibawa ke rumah sakit,” jelasnya.

Tak hanya perubahan cuaca, paparan asap rokok juga menjadi penyebab munculnya gejala pneumonia. Maka dari itu, orang tua disarankan untuk tidak merokok saat berada di dekat anak-anak.

“Hindari anak dari paparan asap rokok!”pungkasnya. (mcr23/jpnn)

Orang tua harus mengenali gejala pneumonia yang mungkin dialami oleh balita mereka.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News