Cegah Pneumonia pada Bayi, Dinkes Gresik Jalankan Imunisasi PCV

Sabtu, 30 Oktober 2021 – 01:02 WIB
Cegah Pneumonia pada Bayi, Dinkes Gresik Jalankan Imunisasi PCV - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Balita menjalani vaksin PCV di Kabupaten Gresik (ANTARA/HO-Dinkes Gresik)

jatim.jpnn.com, GRESIK - Pada bulan November, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik mulai lakukan imunisasi khusus Pneumokokus Konyugasi Vaksin (PCV) untuk bayi usia 2, 3 dan 12 bulan.

Vaksin PCV berfungsi untuk mencegah bayi dari penyakit pneumonia yang rentan dialami.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Nur Farida SKM, MM, menjelaskan layanan imunisasi tersebut akan dilaksanakan langsung menjemput bola kepada ibu yang memiliki bayi.

"Jadwal imunisasi rutin dan PCV ini ditunda kemarin karena masih pandemi. Karena sudah cukup tertinggal, maka kami percepat dengan jemput bola," katanya di Gresik, Jumat (29/10).

Sementara itu, Pakar Kesehatan, Dr dr Dominikus Husada DTM&H, MCTM(TP) Sp.A(K) mengungkapkan pneumonia merupakan radang paru-paru yang bisa disebabkan oleh jamur, bakteri, virus atau bahan kimia.

"Sebab yang paling umum dari bakteri. Cirinya, bayi mengalami batuk dan pilek, badan panas, dan sesak nafas. Hampir seluruhnya, start dari batuk lalu sesak nafas," jelas dr Domi

dr Domi menambahkan pneumonia ini paling rawan didapat di usia bayi atau usia muda. Makin muda usia semakin berbahaya. Selain itu, bayi yang punya berat badan kurang juga sangat rentan.

Maka dari itu, tambah dr Domi, harus dilakukan pencegahan seperti vaksin. (antara/mcr17/jpnn)

Pada bulan November, Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik mulai lakukan imunisasi khusus Pneumokokus Konyugasi Vaksin (PCV) untuk bayi

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News