Mengenal SOBAT, Inovasi Layanan dari Kemenkumham Jatim

Rabu, 10 November 2021 – 01:10 WIB
Mengenal SOBAT, Inovasi Layanan dari Kemenkumham Jatim - JPNN.com Jatim
Peluncuran inovasi layanan informasi Kemenkumham Jatim bernama SOBAT. Foto: Humas Kemenkumham Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengatakan selama 2021, pihaknya menerima sebanyak 1.050 aduan melalui pesan singkat Whatsapp.

Namun, 96 persen hanya sekedar meminta layanan informasi.

Pihaknya menciptakan inovasi kinerja Sistem Otomasi Jawaban WhatsApp (SOBAT) untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait layanan informasi pelayanan hukum dan HAM.

“Aplikasi ini lahir setelah besarnya animo masyarakat terhadap informasi alur pelayanan, persyaratan ataupun biaya layanan,” kata Krismono, Selasa (9/11).

Masyarakat sering kali mengajukan pertanyaan yang sama tentang alur maupun syarat dan ketentuan layanan. Untuk mempermudah dan mempercepat respons jawaban diciptakanlah fitur penjawab otomatis tersebut.

"Selain lebih cepat, dengan aplikasi yang standby 24 jam, pelayanan bisa terus dilakukan kapan pun dan di mana pun," ujar dia.

Format jawaban yang baku akan membuat jawaban kepada masyarakat lebih konsisten. Namun, peran aplikasi itu tidak mutlak, tetap ada petugas khusus pengelola pengaduan yang standby.

"Untuk pertanyaan yang lebih mendalam dan pengaduan, tetap akan dilayani petugas khusus yang selalu siap kapan saja," jelas dia.

SOBAT akan menjawab pertanyaan seputar informasi layanan selama 24 jam
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News