SMK BLUD di Jatim Jadi yang Terbanyak se-Indonesia, Itu Masih Tambah Lagi

Senin, 08 November 2021 – 21:32 WIB
SMK BLUD di Jatim Jadi yang Terbanyak se-Indonesia, Itu Masih Tambah Lagi - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah meninjau inovasi alat pengolah limbah granule di SMKN 1 Jenangan, Ponorogo, Jumat (8/11/2021).(ANTARA/HO - Humas Pemprov Jatim)

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Setidaknya terdapat 20 SMK di Jatim telah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di antara provinsi-provinsi se-Indonesia.

Jumlah itu akan bertambah menyusul 62 SMK lain di Jatim telah mengajukan diri untuk berstatus BLUD.

"Akhir 2021, ditargetkan meningkat menjadi 77 SMK BLUD," kata Khofifah di Ponorogo, Senin (8/11).

Menurut dia, dengan banyak pengajuan itu membuktikan bahwa SMK-SMK di Jawa Timur terus berusaha meningkatkan kualitas dengan terobosan inovasi.

Pada acara Webinar Perempuan Hebat Untuk Vokasi Kuat pada 21 Desember 2020 lalu, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud Ristek Wikan Sakarinto bahkan mengapresiasi pengembangan pendidikan vokasi Jatim di era kepemimpinan Gubernur Khofifah.

Wikan menyebut Jawa Timur sebagai Provinsi Vokasi lantaran Gubernur Khofifah sangat fokus dalam pembinaan dan penguatan 20 lembaga SMK BLUD.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jatim Wahid Wahyudi menerangkan dalam pengurusan status SMK BLUD, persyaratan yang dilampirkan cukup ketat, meliputi persyaratan substantif, teknis, dan administratif.

"Substantif artinya bahwa SMK tersebut harus memiliki kompetensi keahlian yang berkaitan dengan pelayanan umum. Jadi, sekolah harus punya keunggulan tertentu sesuai dengan potensi lokal daerah itu," ujar dia.

Gubernur Jatim Khofifah dengan bangga menyampaikan bahwa jumlah SMK BLUD di provinsi bakal terus bertambah.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News