Perdalam Keahlian, Siswa dari 9 SMK di Jatim Akan Mentori Seribu Santri

Sabtu, 30 Oktober 2021 – 08:07 WIB
Perdalam Keahlian, Siswa dari 9 SMK di Jatim Akan Mentori Seribu Santri - JPNN.com Jatim
Kadindik Jatim Wahid Wahyudi meninjau keterampilan siswa SMK yang akan diajarkan ke para santri, Jumat (29/10). Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Timur memberikan bimbingan kepada santri untuk memperdalam keahliannya lewat kegiatan 'Pendidikan Peduli Masyarakat Melalui Program Bakti SMK Tahun 2021'.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi mengatakan kegiatan itu akan berlangsung selama tiga hari 29-31 Oktober.

"Kami bekerja sama dengan OPOP (One Pesantren One Product) Jatim dalam kegiatan itu," kata Wahid, Jumat (29/10).

Bimbingan yang diberikan seperti di bidang tata boga, yaitu memberikan teknis pembuatan roti dan minuman kepada santri. Bidang lainnya seperti pelatihan kelistrikan keterampilan servis AC.

"Selain bidang keagamaan, santri juga punya keterampilan tertentu. Sehingga, bisa menghidupi diri sendiri dan masa depannya," ujarnya.

Mantan Kedishub Jatim itu menambahkan selama tiga hari itu, siswa SMK akan menjadi mentor bagi sepuluh santri dari setiap pesantren.

"Setiap pesantren yang ada di sekitar SMK mengirimkan sepuluh santrinya untuk dilatih keterampilannya selama tiga hari. Mereka akan memperoleh sertifikat usai pelatihan," katanya.

Sembilan sekolah yang menjadi mentor adalah SMKN 1 Sidoarjo, SMKN 5 Jember, SMKN 1 Sampang, SMKN 2 Bangkalan, SMKN 3 Pamekasan, SMKN 1 Kalianget Sumenep, SMKN 1 Bangil Pasuruan, SMKN 1 Grati Pasuruan, dan SMKN 1 Boyolangu Tulungagung.

Siswa SMK di Jatim mementori keahlian para santri untuk menghadapi masa depannya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News