PWNU Putuskan Kripto Haram, Begini Kajiannya Secara Merinci

Rabu, 03 November 2021 – 10:05 WIB
PWNU Putuskan Kripto Haram, Begini Kajiannya Secara Merinci - JPNN.com Jatim
PWNU Jatim menjelaskan secara merinci soal haramnya kripto. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akhirnya memutuskan kriptokurensi haram, meski sempat menjadi polemik publik.

Lembaga Bahtsul Masail NU Jatim membeberkan secara rinci terkait haramnya mata uang digital itu.

Dalam sidang bahtsul masail, kriptokurensi dikaji menggunakan sudut pandang sil'ah atau mabi' dalam hukum Islam atau fikih.

Secara bahasa, keduanya disebut barang atau komoditas yang bisa diakadkan dengan akad jual beli. Oleh karena itu, barang atau komoditas diniagakan.

Sekretaris LBMNU Jatim Kiai Muhammad Anas menjelaskan dalam kitab Mu’jam Lughati al-Fuqaha, Juz 2, Halaman 401: al-mabi’: as-sil’atu allatii jaraa ‘alaihaa ‘aqdu al-bai’i, bahwa mabi’ adalah komoditas yang bisa menerima berlakunya akad jual beli.

"Ada tujuh syarat barang atau komoditas boleh diperjualbelikan," ujarnya saat konferensi pers di Kantor PWNU Jatim, Selasa (2/11).

Syarat-syarat itu seperti barang harus suci, bisa dimanfaatkan pembeli secara syara' dengan pemanfaatan yang sebanding dengan status hartawinya secara adat.

Kemudian, barang tersebut bisa diserahterimakan secara hissy dan syar’i, pihak yang berakad menguasai pelaksanaan akad, mengetahui secara fisik barang tersebut.

Mata uang kripto tidak memenuhi tujuh syarat barang atau komoditas boleh diperjualbelikan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News