Belasan Narapidana Wanita di Lapas Jember Positif Covid-19, Semoga Lekas Sembuh

Senin, 26 April 2021 – 11:30 WIB
Belasan Narapidana Wanita di Lapas Jember Positif Covid-19, Semoga Lekas Sembuh - JPNN.com Jatim
Belasan narapidana di Lapas II-A Jember terpapar Covid-19 dan akhirnya ditempatkan di ruang isolasi. Ilustrasi narapidana (napi). Foto: ANTARA/Septianda Perdana

jatim.jpnn.com, JEMBER - Belasan narapidana di blok wanita Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Kabupaten Jember terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Lapas Kelas II-A Jember Yandi Suyandi mengungkapkan awalnya seorang narapidana wanita mengalami sesak napas dan dirujuk ke RSUD dr. Soebandi.

"Setelah dilakukan uji usap, narapidana itu dinyatakan positif Covid-19," katanya, Minggu (25/4).

Dinas Kesehatan Jember pun akhirnya melakukan pelacakan dan meminta semua narapidana blok wanita yang berjumlah 36 orang, warga binaan di tamping kesehatan, dan lima petugas lapas yang memiliki kontak erat dengan pasien dilakukan uji usap.

"Hasilnya 10 narapidana perempuan, satu warga binaan yang bertugas di ruang tamping kesehatan dan seorang petugas lapas terkonfirmasi positif Covid-19," imbuhnya.

Yandi menginstruksikan para narapidana yang terpapar  Covid-19 ditempatkan di ruang isolasi, sementara satu petugas lapas menjalani isolasi mandiri di rumah.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Jember Habib Salim menjelaskan telah melakukan sejumlah penanganan di Lapas Jember, antara lain, penyediaan kamar khusus narapidana positif COVID-19 serta kamar mandi di dalamnya dan masker untuk masing-masing narapidana.

"Kami juga meminta pihak lapas menyediakan sabun cuci tangan dan tambahan vitamin bagi narapidana sekaligus melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan penjara," katanya.

Belasan narapidana di blok wanita Lapas II-A Jember berserta seorang petugas positif Covid-19. Para narapidana tersebut ditempatkan di ruang isolasi.
Sumber Antara