Rutan Ponorogo Kelebihan Kapasitas, Jumlah Narapidana Capai 2 Kali Lipat

Kamis, 22 Agustus 2024 – 13:02 WIB
Rutan Ponorogo Kelebihan Kapasitas, Jumlah Narapidana Capai 2 Kali Lipat - JPNN.com Jatim
Suasana di dalam Rutan Klas IIB Ponorogo usai kegiatan di luar ruang tahanan. (ANTARA/HO - Prastyo)

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Rutan Kelas IIB Ponorogo mengalami kelebihan kapasitas dari seharusnya hanya menampung 117 warga binaan, nyatanya kini dihuni lebih dari 300 narapidana dan tahanan.

"Ya, memang overload. Normalnya 117 wabin, tetapi saat ini rata rata ada 300 sampai 315 warga binaan," kata Kepala Rutan Kelas IIB Ponorogo Agus Imam Taufik, Rabu (21/8).

Kendati penuh sesak, Agus memastikan pihaknya masih bisa mengelola ruang tahanan yang tersedia sehingga masih layak digunakan untuk menampung para warga binaan.

Menurutnya, situasi sejenis juga dialami rumah tahanan maupun lembaga pemasyarakatan lain di seluruh Indonesia.

Salah satu penyebab rutan/lapas banyak yang kelebihan kapasitas atau overload dipengaruhi oleh seringnya menerima narapidana layaran dari luar daerah

"Contohnya sekitar tiga bulan lalu, kami menerima sedikitnya 53 narapidana kiriman dari Sidoarjo, yang terbagi dalam dua kloter. Sebanyak 37 napi pada kloter pertama dan 16 napi pada kloter kedua," ujar dia.

Walakin, Agus memastikan standar keamanan tetap diberlakukan normal. Pihaknya bakal menempuh opsi pengajuan layaran ke rutan lain.

"Kasus yang menjerat para narapidana ini bervariasi, mencerminkan beragam latar belakang pelanggaran hukum," tuturnya. (antara/mcr12/jpnn)

Rutan Kelas IIB Ponorogo mengalami kelebihan kapasitas dari daya tampung 117 menjadi 315 warga binaan atau narapidana.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News