Wali Kota Surabaya: Jadi Pejabat di Kecamatan Bukan Berarti Dibuang

Jumat, 01 Oktober 2021 – 21:00 WIB
Wali Kota Surabaya: Jadi Pejabat di Kecamatan Bukan Berarti Dibuang - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melantik 129 pejabat pemkot di Gedung Sawunggaling, Surabaya, Jumat (1/10/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memutasi dan merotasi 129 pejabat di lingkungan pemkot setempat memasuki awal Oktober 2021.

"Tolong tunjukkan bahwa Pemkot Surabaya bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya," kata Eri di sela acara pelantikan 129 pejabat, Jumat (1/10).

Dia memaparkan mutasi dan rotasi dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan di beberapa perangkat daerah seperti dinas, kecamatan, dan kelurahan.

Dia memerinci empat orang dari 129 pejabat itu dimutasi menjadi kepala dinas/kepala bagian ada empat orang, camat lima orang, lurah 30 orang, kasi kecamatan/kasubag kecamatan/kasi kelurahan 76 orang, dan sekretaris kecamatan/badan/dinas/kabid sebanyak 14 orang.

Eri pun kembali mengingatkan kepada seluruh pejabat pemkot, terutama yang baru saja dilantik agar mengubah pola pikir bahwa kantor kelurahan dan kecamatan tempat orang buangan.

Menurut Eri, kelurahan atau kecamatan adalah tempat yang terbaik dan merupakan ujung tombak Pemkot Surabaya.

"Jangan pernah sia-siakan amanah tersebut karena pelayanan adalah kewajiban dan tugas kami sebagai aparat dan pejabat negara," ujar dia.

Wali kota juga menegaskan bahwa meksi telah dilantik menjadi pejabat struktural, bukan berarti akan selamanya mengemban amanah itu.

Pasalnya, dia akan melakukan evaluasi terhadap kinerja para pejabat tersebut, apakah sesuai dengan output atau target yang ditetapkan.

"Saya akan melakukan evaluasi setiap setahun sekali. Bila outputnya tidak sesuai, maka bisa berhenti menjadi fungsional untuk dilatih kembali di diklat kekurangannya apa, atau bahkan bisa jadi staf," tutur dia.

Eri kembali berpesan kepada mereka yang dilantik itu agar melepaskan ego sebagai seorang pejabat.

Dia ingin agar para pejabat itu menanamkan ke hati bahwa mereka adalah seorang pelayan masyarakat. Sebab, gaji yang mereka dapatkan berasal dari pajak yang dibayarkan warga setempat.

"Selamat bertugas dengan hati yang ikhlas, berjuang tanpa pamrih, dan bahagiakan selalu masyarakat Surabaya," ucap Eri. (antara/mcr13/jpnn)

 
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memutasi dan merotasi 129 pejabat di lingkungan pemkot setempat memasuki awal Oktober 2021.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News