November Nanti, Jatim Punya 9 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Minggu, 26 September 2021 – 11:00 WIB
November Nanti, Jatim Punya 9 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik - JPNN.com Jatim
Pemilik mobil listrik mengisi daya kendaraannya di sela-sela peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020). ANTARA FOTO/Moch Asim/aww

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PT PLN (Persero) mewacanakan menambah empat stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di wilayah Jatim.

Dengan begitu, di akhir 2021 nanti, ada total sembilan SPKLU di Jawa Timur.

Manager Komunikasi PLN UID Jatim, Fenny Nurhayati menuturkan empat SPKLU tambahan itu dua di antaranya ditempatkan di rest area tol, yakni KM 626A dan KM 626B Saradan, Madiun; kemudian satu di Bandara Juanda Sidoarjo; dan satu sisanya di Bandara Abd Saleh, Kabupaten Malang.

"Kami memperkirakan bisa beroperasi pada November 2021," kata Fenny di Surabaya, Sabtu (25/9).

Dia memaparkan keempat tambahan stasiun itu akan melengkapi lima SPKLU sebelumnya yang terletak di Kantor PLN ULP Embong Wungu, Kantor PT PJB, Kantor PLN UP3 Situbondo, Kantor PLN UP3 Banyuwangi, serta Kantor PLN UP3 Ponorogo.

Fenny memaparkan penambahan SPKLU itu dilakukan karena adanya proyeksi jumlah kendaraan listrik di Indonesia pada 2030 mencapai 2,2 juta mobil listrik dan 13 juta motor listrik.

Selain itu, PT PLN (Persero) juga membuka peluang kerja sama bagi pelaku usaha untuk ikut membangun 101 SPKLU sepanjang 2021 secara nasional.

Dia mengatakan PLN menyiapkan skema bisnis dan insentif bagi investor yang ingin bergabung.

PT PLN (Persero) mewacanakan menambah empat stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di wilayah Jatim.
Sumber Antara