260 Karya Kendaraan Listrik Siswa SMK di Jatim Jadi Pendorong Nol Emisi

Jumat, 27 Oktober 2023 – 13:30 WIB
260 Karya Kendaraan Listrik Siswa SMK di Jatim Jadi Pendorong Nol Emisi - JPNN.com Jatim
Gubernur saat melepas parade kendaraan konversi listrik karya siswa SMK Negeri dan Swasta se-Jawa Timur, di SMK Negeri 6 Surabaya, Kamis (26/10). Foto: Dok. Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut 260 kendaraan konversi listrik karya siswa SMK merupakan kontribusi nyata pelajar dalam mewujudkan Net Zero Emissions (NZE) tahun 2060.

Menurutnya, hal itu menjadi pendorong semangat menuju NZE 2060 karena mengkonversi energi dari fosil ke nonfosil. 

“Itu dimulai dari anak-anak SMK, saya rasa ini keren sekali," kata Khofifah saat melepas parade kendaraan konversi listrik karya siswa SMK Negeri dan Swasta se-Jawa Timur, di SMK Negeri 6 Surabaya, Kamis (26/10).

Dia  mengatakan selain kendaraan listrik karya siswa SMK juga terdapat kendaraan yang menggunakan tenaga surya atau solar cell. Hal itu sangat luar biasa, apalagi tenaga surya adalah salah satu sumber energi nonfosil.

"Ini keren sekali ada motor dan mobil yang menggunakan solar cell. Jadi, mereka tidak hanya bisa mengkonversi menggunakan listrik, tetapi membangun power dari solar cell. Tadi saya tanya kalau musim hujan bagaimana. Ternyata mereka juga kerja sama dengan PLN untuk recharge-nya," katanya.

Di sisi lain, Khofifah mengatakan Pemprov Jatim terus berkomitmen mendukung energi ramah lingkungan dan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai upaya mewujudkan NZE 2060.

Hal ini membuat Pemprov Jatim berhasil menjadi Juara Umum pada ajang Anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Aries Agung Paewai mengatakan Expo dan Parade Kendaraan Konversi Listrik Karya Siswa SMK Jatim menjadi bagian dari promosi kepada khalayak luas bahwa SMK-SMK di Jawa Timur luar biasa.

Gubernur Khofifah menyebut 260 karya kendaraan listrik siswa SMK di Jatim menjadi pendorong Net Zero Emmision 2060.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News