Demi Keandalan Listrik, PLN Turunkan 37 'Layang-Layang' di Madura

Jumat, 24 September 2021 – 20:53 WIB
Demi Keandalan Listrik, PLN Turunkan 37 'Layang-Layang' di Madura - JPNN.com Jatim
Tim urak-urak PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Sampang, Madura, saat mengamankan jaringan listrik di Madura (ANTARA/HO-UIT JBM)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 37 layang-layang tersangkut yang mengganggu jaringan listrik di Pulau Madura diturunkan petugas PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM).

General Manager PLN UIT JBM Suroso menuturkan pembersihan layang-layang itu perlu mendapat perhatian khusus dalam upaya menjaga keandalan listrik.

Dia memerinci pembersihan layang-layang itu merupakan hasil operasi di seluruh wilayah Madura sejak Mei 2020 hingga September 2021.

Operasi tersebut telah dijalankan sebanyak 178 kali oleh PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Sampang.

“Bermain layang-layang menimbulkan bahaya serius terhadap jaminan keandalan listrik apabila putus ataupun bila terlalu dekat dengan jaringan transmisi milik PLN," kata dia di Surabaya, Jumat (24/9).

Suroso pun menuturkan PLN ULTG Sampang terus melakukan sosialisasi terkait hal tersebut.

Harapannya, dapat memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang bahaya yang terjadi jika bermain layang-layang di dekat jaringan transmisi.

“Jika hal itu bisa tercapai, maka seluruh pelanggan listrik di wilayah Madura akan menikmati keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan listrik, tanpa mengalami kendala akibat gangguan layang-layang," ujar dia. (antara/mcr13/jpnn)

Sebanyak 37 layang-layang tersangkut yang mengganggu jaringan listrik di Pulau Madura diturunkan petugas PLN.
Sumber Antara