Petani Sampang akan Dibina Tim Khusus untuk Menanam Porang

Selasa, 14 September 2021 – 09:45 WIB
Petani Sampang akan Dibina Tim Khusus untuk Menanam Porang - JPNN.com Jatim
Pemerintah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, mulai memfokuskan petani untuk budi daya porang melihat potensi tanaman umbi-umbian itu di pasar internasional. (ANTARA/Abd Aziz)

jatim.jpnn.com, SAMPANG - Pemerintah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, mulai memfokuskan petani untuk budi daya porang melihat potensi tanaman umbi-umbian itu di pasar internasional.

Selain menyediakan lahan lahan seluas 27 hektare, pemkab juga berencana membentuk tim khusus untuk membina dan memantau perkembangan pertanian porang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang Yuliadi Setiawan di Sampang, Senin, mengatakan hal itu dilakukan agar produk dan kualitas porang lebih maksimal.

"Selain itu, tim juga akan mendorong daya saing porang hasil petani bersaing di pasar ekspor," jelansya.

Sebagaimana diketahui, nilai ekonomi porang sangat tinggi di pasar luar negeri, utamanya Jepang dan Vietnam.

Yuliadi menjelaskan, budi daya porang ini juga dimaksudkan untuk mendukung gerakan peningkatan ekspor pertanian atau Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks).

Gratieks merupakan program Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia dalam rangka mendorong roda perekonomian para petani.

Sementara itu, Direktur Utama Porang Mulya Indonesia Donny Mahendra mengakui kalau Madura termasuk Sampang sangat cocok untuk porang.

Pemerintah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, mulai memfokuskan petani untuk budi daya porang melihat potensi tanaman umbi-umbian itu di pasar internasional.
Sumber Antara