Bulan Depan, Pengusaha Angkutan Logistik Percaya Faktor Muat Capai 70 Persen

Kamis, 23 September 2021 – 21:00 WIB
Bulan Depan, Pengusaha Angkutan Logistik Percaya Faktor Muat Capai 70 Persen - JPNN.com Jatim
Kantor DPC Organda Khusus Tanjung Perak di Jalan Perak Timur Surabaya. (ANTARA Jatim/Hanif Nashrullah)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengusaha angkutan logistik di Jatim meyakini pangsa muatan akan kembali tumbuh mencapai 70 persen setelah seluruh kabupaten/ kota di provinsi tersebut dinyatakan berstatus zona kuning penyebaran COVID-19.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (DPC Organda) Khusus Tanjung Perak Surabaya, Kody Lamahayu Fredy mengungkapkan pangsa muatan turun sampai 40 persen selama PPKM sejak awal Juli lalu.

Dia memaparkan pada periode itu, banyak jalan raya disekat, jam operasional di pusat perbelanjaan atau mal dan toko-toko dibatasi, sehingga mayoritas penyuplai dari berbagai pulau maupun importir menghentikan pengiriman karena barang-barangnya kurang laku.

"Dampaknya banyak sopir truk menganggur," kata Kody, Kamis (23/9).

Setelah seluruh daerah kabupaten/ kota di Jatim masuk zona kuning dan PPKM mulai diperlonggar, Kody percaya perputaran roda ekonomi bisa kembali normal dan faktor muat usahanya setidaknya dalam sebulan ke depan bisa mencapai 70 persen.

"Kami meyakini dengan pelonggaran-pelonggaran PPKM dapat menghidupkan 'business to business' yang tadinya tertidur," ujar dia.

Menurut Kody, dengan kelonggaran tersebut, pengusaha akan memulai bisnisnya. Daya beli masyarakat pelan-pelan akan meningkat.

Dia menilai PPKM yang terlalu lama kurang bagus untuk pertumbuhan ekonomi. Dia pun berharap pandemi COVID-19 segera berakhir, sehingga tidak perlu lagi ada PPKM. Dengan begitu, aktivitas usaha kembali normal seperti sediakala. (antara/mcr13/jpnn)

Sebulan ke depan, pengusaha angkutan logistik di Jatim meyakini pangsa muatan akan kembali tumbuh mencapai 70 persen.
Sumber Antara