Ibu Hamil Positif COVID-19 di Mojokerto Punya Tempat Isolasi Sendiri

Minggu, 22 Agustus 2021 – 20:58 WIB
Ibu Hamil Positif COVID-19 di Mojokerto Punya Tempat Isolasi Sendiri - JPNN.com Jatim
Pemeriksaan ibu hamil di rumah sakit Kediri, Jawa Timur. (ANTARA/ HO-Kominfo Kota Kediri)

jatim.jpnn.com, MOJOKERTO - Pemkab Mojokerto, Jawa Timur menyediakan dua tempat isolasi terpusat (isoter) khusus ibu hamil dan menyusui yang terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah setempat.

Ketua Satgas COVID-19 setempat sekaligus Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menginstruksikan agar fasilitas isoter khusus tersebut segera disosialisasikan.

"Saat ini ada dua tempat, yakni Puskesmas Sooko dan Puskesmas Jatirejo sebagai isoter khusus ibu hamil maupun menyusui yang positif COVID-19," kata Ikhfina, Minggu (22/8).

Dia menargetkan ke depannya, 17 puskesmas rawat inap di daerahnya akan disiagakan dengan fungsi yang sama apabila ditemukan kasus serupa.

"Para ibu hamil dan menyusui terkonfirmasi COVID-19 bakal mendapat perawatan serta penanganan khusus," ujar dia.

Dia mencontohkan bagi ibu menyusui, tidak diperkenankan menyusui bayinya secara langsung. Namun diganti ASI perah dengan cara pumping.

Ibu dan bayinya juga akan dirawat secara intensif di ruangan terpisah dengan pengawasan ketat oleh para tenaga kesehatan profesional.

"Fasilitas isoter ibu hamil tersebut bakal segera disosialisasikan kepada masyarakat," tutur Ikhfina. (antara/mcr13/jpnn)  

Pemkab Mojokerto, Jawa Timur menyediakan dua tempat isolasi terpusat (isoter) khusus ibu hamil dan menyusui yang terkonfirmasi positif COVID-19 berikut.
Sumber Antara