Pendakian Gunung Arjuno Sudah Dibuka, Tetapi Simak Dahulu Berikut Ini!

Selasa, 21 September 2021 – 21:22 WIB
Pendakian Gunung Arjuno Sudah Dibuka, Tetapi Simak Dahulu Berikut Ini! - JPNN.com Jatim
Arsip foto - Sejumlah pendaki menikmati matahari terbit di puncak Gunung Arjuno, Pasuruan. Antara Jatim/Zabur Karuru

jatim.jpnn.com, MALANG - Pendakian Gunung Arjuno-Welirang di wilayah Jawa Timur dibuka secara bertahap, yakni pada dua pintu masuk melalui Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, dan Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi menuturkan pendakian Gunung Arjuno-Welirang sudah diperbolehkan mulai 19 September lalu.

"Untuk jalur yang dari Kota Batu, masih belum dibuka karena kami berpatokan pada Instruksi Mendagri terakhir," kata Wahyudi di Malang, Selasa (21/9).

Dia memaparkan pembukaan pendakian Gunung Arjuno-Welirang melalui pintu masuk Tambaksari dan Tretes itu dikarenakan pada wilayah tersebut sudah berstatus PPKM level 2.

Wahyudi menilai kendati pendakian Gunung Arjuno-Welirang sudah dibuka, namun animo para pendaki masih minim.

Tercatat baru ada 38 orang pendaki yang sudah melakukan pendakian ke gunung setinggi 3.339 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

"Biasanya pendakian ke Arjuno itu ramai saat akhir pekan," ujar dia.

Wahyudi menegaskan para pendaki Gunung Arjuno harus sudah menjalani vaksinasi COVID-19. Hal itu dibuktikan dengan melakukan scan kode batang aplikasi PeduliLindungi di base camp pintu masuk.

Pendakian Gunung Arjuno-Welirang di wilayah Jawa Timur dibuka secara bertahap. Berikut lengkapnya.
Sumber Antara