Pakar Unair: Anak Autis Cenderung Punya Masalah Kesehatan Gigi

Selasa, 31 Agustus 2021 – 04:00 WIB
Pakar Unair: Anak Autis Cenderung Punya Masalah Kesehatan Gigi - JPNN.com Jatim
Pemaparan ahli kedokteran gigi anak Drg. Udijanto Tedjosasongko, PhD., Sp.KGA(K), dalam acara Promoting Dental Health for Children with Special Needs yang dihelat oleh WUACD Universitas Airlangga pada Sabtu (28/8/2021). Foto: Unair.ac.id

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Anak-anak yang mengalami Autism Spectrum Disorder (ASD) atau autisme cenderung memiliki masalah kesehatan mulut yang berefek pada gigi.

Hal tersebut diungkapkan oleh pakar Kedokteran Gigi Anak Universitas Airlangga (UNAIR) Drg. Udijanto Tedjosasongko, PhD., Sp.KGA(K).

"Penyebabnya beragam, mulai dari kebiasaan mulut yang tidak normal, obat-obatan, hingga konsumsi makanan yang buruk," jelas Udjianto dalam acara Promoting Dental Health for Children with Special Needs yang diinisiasi oleh WUACD Universitas Airlangga (28/8).

Penggunaan obat-obatan untuk anak autisme, lanjut Udjianto, memiliki efek samping seperti sakit gigi atau Karies gigi, perubahan air liur, perdarahan berkepanjangan dan perubahan rasa.

Anak-anak yang mengalami Autism Spectrum Disorder (ASD) atau autisme cenderung memiliki masalah kesehatan mulut yang berefek pada gigi.
Sumber Unair
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News