Semua Kabupaten dan Kota di Jatim Sandang Predikat Layak Anak, Keren!

Jumat, 30 Juli 2021 – 15:49 WIB
Semua Kabupaten dan Kota di Jatim Sandang Predikat Layak Anak, Keren! - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Foto kolase sejumlah pelajar menunjukkan kartu vaksinasi COVID-19 usai divaksin di SMP Negeri 1 Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/7/2021). (ANTARA/Didik Suhartono)

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Seluruh 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur berhasil menyandang predikat layak anak 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Alhamdulillah, seluruh daerah di Jatim berpredikat kabupaten/kota layak anak (KLA)," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kamis (29/7).

Dia pun berterima kasih kepada seluruh kepala daerah yang telah memperjuangkan daerahnya masing-masing hingga menyandang KLA.

Mantan Mensos itu juga mengapresiasi kerja keras pemda yang bekerja sama dengan pemangku kebijakan lain, swasta, serta masyarakat untuk mewujudkan upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak.

Menurut dia, meraih prestasi tersebut bukan perkara mudah sebab ada sejumlah klaster yang harus dipenuhi untuk meraih predikat KLA.

Klaster tersebut, di antaranya, hak sipil dan kebebasan; lingkungan keluarga dan pengasuhan anak; kesehatan dasar dan kesejahteraan anak; pendidikan; pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya; serta perlindungan khusus.

Khofifah menyatakan setiap anak perlu mendapat kesempatan seluasnya untuk hidup, tumbuh, dan berkembang.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut mengingatkan semua bupati/wali kotanya untuk melibatkan anak dalam pembangunan.

Sebuah prestasi untuk Jawa Timur karena seluruh kabupaten dan kotanya berpredikat layak anak.
Sumber Antara