60 Ton Bantuan Oksigen Cair Tiba di Jawa Timur

Rabu, 28 Juli 2021 – 21:11 WIB
60 Ton Bantuan Oksigen Cair Tiba di Jawa Timur - JPNN.com Jatim
Pekerja pelabuhan saat bongkar muat Iso Tank berisi oksigen liquid bantuan dari sejumlah pihak untuk Jawa Timur di Terminal Mirah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (27/7/2021). (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim)

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Setidaknya 60 ton bantuan oksigen cair/likuid sampai di Terminal Mirah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.

Bantuan tersebut diangkut menggunakan tiga unit iso tank, yang masing-masing berisi 20 ton oksigen cair dan dikirimkan melalui Kapal Meratus Labuan Bajo IMO 9821500 dari Kabupaten Konawe, Sulawesi Tengah.

Iso tank merupakan kontainer berbentuk tangki berukuran standar tertentu yang umumnya digunakan untuk memuat kargo cair dan gas.

"Terima kasih kepada Kemenko Marves, Kemenkes, Virtue Dragon Nickel Industrial Park, dan semua pihak terkait yang sudah memberikan dukungan," kata Emil, Selasa (27/7).

Orang nomor dua di Pemprov Jatim itu bersyukur karena menurutnya mencari iso tank terbilang sulit. Banyak industri-industri berat sebenarnya mampu menghasilkan oksigen, tetapi media untuk mengangkutnya sangat terbatas.

Wagub Emil menjelaskan bantuan iso tank dan oksigen likuid itu diharapkan dapat membantu menyediakan stok di rumah sakit dan masyarakat di Jatim.

Apalagi, oksigen kini menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan guna menangani pasien COVID-19 di RS maupun yang tengah menjalani isolasi mandiri.

"Setelah ini dikirim ke stasiun untuk kemudian didistribusikan ke tempat-tempat yang dibutuhkan sesuai arahan Ibu Gubernur, termasuk hasil pemetaan satgas oksigen," ujar dia. (antara/mcr13/jpnn)

Setidaknya 60 ton bantuan oksigen cair/likuid sampai di Terminal Mirah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur.
Sumber Antara