Masjid di Jember Ini Pakai Daun Jati untuk Membungkus Daging Kurban

Selasa, 20 Juli 2021 – 23:39 WIB
Masjid di Jember Ini Pakai Daun Jati untuk Membungkus Daging Kurban - JPNN.com Jatim
Panitia kurban membungkus daging kurban menggunakan daun jati dan besek bambu di Masjid At - Taqwa, yang berada di Perumahan Graha Citra Mas Kabupaten Jember, Jatim, Selasa (20/7/2021). (FOTO ANTARA/ Zumrotun Solichah)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengurus Masjid At-Taqwa di Perumahan Graha Citra Mas, Jember, Jawa Timur, punya cara unik membungkus daging kurban menggunakan daun jati dan besek bambu.

"Penggunaan daun jati untuk membungkus daging hewan kurban sangat ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik," ujar Ketua Masjid At-Taqwa Khotibul Umam, Selasa (20/7).

Umam mengatakan kondisi lingkungan Masjid At-Taqwa yang banyak ditumbuhi pohon jati memudahkan dipakai sebagai pembungkus daging kurban.

Dia menyebut selain menaga lingkungan, penggunaan daun jati juga sebagai wujud melestarikan tradisi orang-orang terdahulu.

"Kami berusaha menjaga tradisi masyarakat terdahulu dan daging kurban yang dibungkus daun jati lebih awet sampai pendistribusian ke penerima kurban," imbuhnya.

Masjid At-Taqwa tahun ini menyembelih empat ekor sapi, dan 14 ekor kambing untuk disalurkan kepada mereka yang berhak menerima.

Ketua RW 21 Sapto mengatakan penggunaan daun jati dan besek untuk membungkus daging hewan kurban di Masjid At-Taqwa merupakan yang pertama.

"Insyaallah tradisi menggunakan daun jati dan besek untuk membungkus daging kurban akan dilestarikan demi menjaga lingkungan sekitar dan mengurangi sampah plastik di Kabupaten Jember," katanya. (mcr6/antara/jpnn)

Pengurus Masjid At-Taqwa di Perumahan Graha Citra Mas, Jember, Jawa Timur, punya cara unik membungkus daging kurban menggunakan daun jati dan besek bambu.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News