Peduli Lingkungan, Panitia Ganti Bungkus Daging Kurban dengan Daun Jati

Selasa, 20 Juli 2021 – 15:32 WIB
Peduli Lingkungan, Panitia Ganti Bungkus Daging Kurban dengan Daun Jati - JPNN.com Jatim
Panitia kurban membungkus daging kurban menggunakan daun jati dan besek bambu di Masjid At - Taqwa Jember, Jatim, Selasa (20/7/2021). (FOTO ANTARA/ Zumrotun Solichah)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Panitia pelaksanaan kurban Iduladha 2021 di Masjid At-Taqwa, Perumahan Graha Citra Mas, Jember, Jawa Timur memanfaatkan daun jati dan besek untuk membungkus daging.

"Penggunaan daun jati untuk bungkus daging hewan kurban sangat ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik," kata Ketua Masjid At-Taqwa Khotibul Umam, Selasa (20/7).

Apalagi, banyak pohon jati yang tumbuh di sekitar masjid, sehingga hal tersebut dimanfaatkan panitia kurban.

Dia pun memaparkan penggunaan daun jati tersebut juga merupakan upaya melestarikan tradisi. Konon, daging kurban yang dibungkus daun jati akan lebih awet sampai pendistribusian ke penerima manfaat.

Umam juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli lingkungan dengan mengurangi penggunaan sampah plastik yang sulit terurai.

Pada Iduladha tahun ini, jumlah hewan kurban yang disembelih di Masjid At-Taqwa sebanyak empat ekor sapi dan 14 ekor kambing.

Ketua RW 21 Sapto mengatakan penggunaan daun jati dan besek untuk bungkus daging kurban itu merupakan kali perdana karena sebelumnya rutin menggunakan kantong plastik.

"Insyaallah tradisi menggunakan daun jati dan besek akan diteruskan demi menjaga lingkungan sekitar," tutur Sapto.

Panitia kurban sebuah masjid di Jember mengganti wadah pembungkus daging dari awalnya plastik menjadi daun jati.
Sumber Antara