Alhamdulillah, Pamekasan Punya Tempat Khusus Persalinan Ibu Hamil Terpapar Covid-19

Jumat, 16 Juli 2021 – 02:40 WIB
Alhamdulillah, Pamekasan Punya Tempat Khusus Persalinan Ibu Hamil Terpapar Covid-19 - JPNN.com Jatim
Kantor Dinas Kesehatan Pamekasan, Madura. (ANTARA/Abd Aziz)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Dinas Kesehatan Pamekasan, Jawa Timur, membuat tempat khusus persalinan bagi ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Rencana awal hanya di kantor IBI Pamekasan, tapi di RSUD Slamet Martodirdjo akhirnya juga kami sediakan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Pamekasan Ahmad Marsuki, Kamis (15/7).

Marsuki juga menanggapi pemberitaan soal RSUD Slamet Martodirjo yang ditegur oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam karena menolak persalinan ibu hamil yang positif Covid-19 pada 5 Juli 2021.

Dia menjelaskan bahwa pihak rumah sakit tidak menyediakan ruang khusus bersalin bagi ibu hamil yang hendak melahirkan, sedangkan semua ruang perawatan sudah dipenuhi oleh pasien Covid-19.

Adapun ibu hamil yang ditolak RS Slamet Martodirjo itu bernama Agustin Damayanti. Beruntung Agustin dapat melakukan persalinan berkat bantuan Bupati Sampang Slamet Junaidi.

Bupati Baddrut Tamam yang mengetahui ada ibu hamil positif Covid-19 yang ditolak diberbagai rumah sakit di Pamekasan itu langsung menggelar rapat koordinasi dan memerintahkan Dinas Kesehatan bergerak cepat.

"Saat ini RSUD Pamekasan sudah menyediakan ruang khusus bagi ibu hamil positif Covid-19 yang hendak melahirkan sebanyak sembilan bed, dan menjadikan kantor IBI yang terletak di Desa Buddagan, Kecamatan Pademawu, sebagai tempat bersalin," katanya.

Ruang bersalin di RSUD Slamet Martodirjo dikhususkan untuk ibu hamil yang menjalani caesar.

Dinas Kesehatan Pamekasan, Jawa Timur, membuat tempat khusus persalinan bagi ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News