Penutupan Sejumlah Tol selama PPKM Darurat Bikin Rugi Pengusaha

Kamis, 15 Juli 2021 – 21:28 WIB
Penutupan Sejumlah Tol selama PPKM Darurat Bikin Rugi Pengusaha - JPNN.com Jatim
Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto. (ANTARA /A Malik Ibrahim)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur Adik Dwi Putranto meminta pemerintah meninjau ulang penutupan sejumlah tol selama PPKM darurat.

"Sebenarnya aturan PPKM darurat itu bagus untuk menekan laju penyebaran Covid-19, namun dalam penerapannya petugas di lapangan banyak yang kurang mengerti, sehingga membuat kurang maksimal," kata Adik, Kamis (15/7 ).

Adik mendapatkan laporan, bahwa kebijakan penutupan tol mengganggu distribusi barang.

"Keluhan datang dari berbagai pihak, khususnya pengusaha besar dan UMKM yang aktivitas ekonominya terhambat akibat pelaksanaan PPKM darurat yang terlalu berlebihan, termasuk jam malam untuk restoran yang telah menerapkan konsep take away,” kata Adik.

Adik menyarankan pemerintah memberikan kelonggaran bagi UMKM.

Selain itu, penegakan hukum diharapkan bisa disesuaikan karena ada ketidakseragaman interpretasi aparat di lapangan.

Salah satu pengusaha kontainer ekspor impor, Tommy Kaihatu mengakui akses ekspor yang dilakukan dirinya mengalami dua hambatan sekaligus akibat penutupan sejumlah tol selama PPKM darurat.

Tommy menginginkan peraturan PPKM Darurat ini bisa diterjemahkan dengan baik oleh pelaksana di lapangan, sehingga niat baik pengendalian Covid-19 bisa terwujud.

Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto meminta pemerintah meninjau ulang penutupan sejumlah tol selama PPKM darurat.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News