Iduladha 2021, Pakar Unair Minta Komunitas yang Lebih Kecil Dilibatkan

Kamis, 15 Juli 2021 – 17:00 WIB
Iduladha 2021, Pakar Unair Minta Komunitas yang Lebih Kecil Dilibatkan - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Pakar Unair meminta pemerintah melibatkan komunitas jelang momen Iduladha 2021. Foto: Antara/Didik Suhartono

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah disarankan untuk melakukan optimalisasi terhadap pelaksanaan PPKM darurat Jawa-Bali jelang Iduladha 2021.

Pakar Kebijakan Publik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Gitadi Tegas Supramudyo mengatakan yang perlu diantisipasi jelang Iduladha ialah tradisi pulang kampung alias mudik.

Menurut dia, dalam PPKM darurat terdapat aturan pembatasan guna mengurangi mobilitas masyarakat.

"Dengan begitu, yang kini dibutuhkan dalam konteks Iduladha ialah mengoptimalkan implementasi dari kebijakan dan aturan-aturan PPKM darurat," kata Gitadi, Kamis (15/7).

Dia menyampaikan optimalisasi itu bisa dilakukan dengan melibatkan komunitas yang lebih kecil, misalnya RT/RW, kampus, kantor, dan institusi.

Dosen FISIP Unair tersebut pun mencontohkan bila seseorang akan atau sudah mudik, komunitas kecil yang akrab mestinya mengingatkan untuk tidak pulang kampung atau melakukan isolasi mandiri usai mudik.

"Selain itu, untuk mengurangi mobilitas melalui penutupan jalur-jalur kecil, dibutuhkan kerja sama dari komunitas lokal," tutur Gitadi.

Dia menilai penyekatan hingga penutupan yang dilakukan pemerintah dan aparat sejauh ini tidak cukup.

Pemerintah diminta untuk melibatkan komunitas yang lebih kecil guna mengoptimalisasi pelaksanaan PPKM darurat jelang Iduladha 2021.
Sumber Antara