Puluhan Nakes Terpapar, RS Enggan Tambah Ruangan Pasien COVID-19

Rabu, 07 Juli 2021 – 12:10 WIB
Puluhan Nakes Terpapar, RS Enggan Tambah Ruangan Pasien COVID-19 - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Puluhan nakes di Jember yang terpapar COVID-19 diduga akibat kelelahan selama bekerja. (ANTARA/ HO - RS Paru di Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Puluhan tenaga kesehatan (nakes) di Jember, Jawa Timur terpapar COVID-19 lantaran diduga kelelahan selama bekerja seiring meningkatnya kasus positif di wilayah setempat.

Hal itu terlihat dari tingkat keterisian tempat tidur pasien di Jember saat ini mencapai 87,78 persen. Dengan begitu, beban kerja para nakes tentunya makin bertambah.

"Sebanyak 27 nakes di tempat kami terpapar COVID-19 sejak Januari hingga Juni 2021," kata Direktur RS Paru dr. Sigit Kusumajati, Selasa (6/7).

Dari puluhan nakes tersebut, hingga awal Juli ini sebagian besar sudah sembuh, menyisakan 12 nakes yang masih dirawat maupun menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Mereka berangsur-angsur membaik dan mudah-mudahan hasil usapnya negatif, sehingga bisa kembali melayani pasien di RS Paru Jember," ujar Sigit.

Dia menjelaskan di tempatnya, ada empat ruangan isolasi khusus pasien COVID-19 dengan jumlah 49 tempat tidur dan masing-masing bangsal dijaga 16-23 nakes setiap harinya.

Melihat para nakesnya terpapar dan keterbatasan SDM yang tersedia, Sigit memastikan pihaknya tidak membuka ruangan tambahan untuk pasien COVID-19.

"Karena berisiko tinggi tenaga kesehatan setempat mengalami kelelahan dan rawan tertular virus corona," tutur Sigit.

Puluhan tenaga kesehatan (nakes) di Jember, Jawa Timur terpapar COVID-19 lantaran diduga kelelahan selama bekerja seiring meningkatnya kasus positif.
Sumber Antara