Ada Dugaan KMP Yunicee Mengangkut Penumpang Gelap

Kamis, 01 Juli 2021 – 08:59 WIB
Ada Dugaan KMP Yunicee Mengangkut Penumpang Gelap - JPNN.com Jatim
Ketua Tim Investigator Keselamatan Pelayaran KNKT, Bambang Irawan memberikan keterangan kepada wartawan di Posko Tanggap Darurat KMP Yunicee Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Rabu (30/6/2021) (ANTARA/Novi H)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Tim Invetigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendalami dugaan adanya penumpang yang tidak terdaftar menaiki KMP Yunicee yang tenggelam di perairan Selat Bali.

"Kami akan mencari tahu (penumpang yang tidak masuk manifes KMP Yunicee, red) kenapa bisa terjadi seperti itu. Ini berhubungan dengan keselamatan seluruh penumpang dan ABK," kata Ketua Tim Investigator KNKT, Bambang Irawan di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (30/6).

Bambang menjelaskan, KNKT tengah berupaya mencari sejumlah data guna mengetahui penyebab pasti tenggelamnya KMP Yunicee.

"Pada intinya KNKT mengumpulkan berbagai data baik dari, perusahaan pelayaran, ABK, termasuk kondisi cuaca saat itu, dan prosedur pemuatannya, serta data lainnya," katanya.

KNKT akan melakukan analisis berdasarkan sejumlah bukti yang telah dikumpulkan.

"Kami tidak bisa memberikan pernyataan penyebabnya sekarang, karena masih terlalu dini," tutur Irawan.

KNKT juga akan mengecek riwayat perawatan KMP Yunicee maupun kondisi terakhir kapal feri ketika melintasi perairan Selat Bali.

"Kapal itu kan ada dokumen perawatannya, bagaimana kondisi terakhir itu semua ada dokumen. Kami nantinya akan pelajari di dokumen itu apakah terus diperbarui atau tidak," katanya.

Tim Investigasi KNKT mendalami dugaan adanya penumpang yang tidak terdaftar menaiki KMP Yunicee yang tenggelam di perairan Selat Bali.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News