Hadiri Hajatan Nikah, 89 Warga Diisolasi di RSUD Dolopo

Selasa, 15 Juni 2021 – 11:58 WIB
Hadiri Hajatan Nikah, 89 Warga Diisolasi di RSUD Dolopo - JPNN.com Jatim
Puluhan ambulans disiagakan guna mengevakuasi puluhan warga Kabupaten Madiun, yang dinyatakan reaktif COVID-19 ke RSUD Dolopo, Senin (14/6) malam. Foto: ANTARA/Louis Rika

jatim.jpnn.com, MADIUN - Sebanyak 89 orang warga Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur diisolasi di RSUD Dolopo.

Pemkab Madiun sebelumnya melakukan tes cepat antigen massal pada Minggu (13/6) sebagai tindak lanjut ratusan warga setempat yang mengalami gejala COVID-19 setelah menghadiri hajatan pernikahan.

Hasilnya, sebanyak 66 orang reaktif COVID-19. Pemkab kemudian melakukan pelacakan terhadap kontak erat terhadap warga tersebut.

Aparat memperoleh tambahan 22 warga yang reaktif berdasarkan tes cepat antigen.

Seorang anak kecil pun didapati mengalami gejala batuk, pilek, dan sesak nafas. Sehingga total ada 89 warga setempat yang dievakuasi.

"Tugas pertama adalah melokalisasi agar tidak terjadi penularan yang lebih luas," kata Bupati Madiun Ahmad Dawami, Senin (14/6).

Puluhan warga tersebut sedianya hanya perlu melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Hanya saja, karakter warga sana kalau disuruh isolasi, malah tidak mau diam di rumah," tutur Dawami.

Hal itu jelas berisiko terjadi penularan ke warga lainnya sehingga diambil tindakan tegas dengan mengisolasi mereka di rumah sakit.

Sebanyak 89 warga Kabupaten Madiun yang sebelumnya menghadiri hajatan pernikahan dinyatakan reaktif COVID-19 berdasarkan tes cepat antigen.
Sumber Antara