Cerita Sejumlah RW di Surabaya Siapkan Rumah Sehat untuk Warga Positif Covid-19

Selasa, 27 Juli 2021 – 22:29 WIB
Cerita Sejumlah RW di Surabaya Siapkan Rumah Sehat untuk Warga Positif Covid-19 - JPNN.com Jatim
Petugas menata tempat tidur bagi warga yang menjalani isolasi mandiri di Gedung Balai RW 5 Wisma Kedung Asem Indah, Kedung Baruk, Rungkut, Surabaya, Selasa (27/7/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah RW di Kota Surabaya, Jawa Timur, mulai menyediakan rumah sehat alias tempat isolasi mandiri bagi warga yang terpapar Covid-19.

"Tempat isolasi ini sudah ada sejak tahun lalu, dan sudah ada tiga pasien yang dirawat di tempat ini," kata Ketua RW 8 Perum Babatan Pratama, Wiyung, Surabaya, Riyan Suhariyadi, Selasa (27/7).

Riyan mengatakan rumah sehat di RW 8 Perum Babatan Pratama merupakan bangunan yang dijadikan posko Kampung Tanggung Wani Jogo Suroboyo.

Dia mengaku sengaja menjadikan posko itu menjadi rumah sehat karena akhir-akhir ini rumah sakit banyak yang penuh, sedangkan rumah warga tidak memungkinkan dipakai untuk isolasi mandiri.

Selain itu, Riyan tidak ingin mengucilkan warganya yang terpapar Covid-19.

"Bagi kami, siapapun bisa terkena Covid-19 bukan aib, sehingga kami bersama-sama merawat warga tersebut," katanya.

Tak cuma di Babatan, Gedung Balai RW 5 Wisma Kedung Asem Indah, Rungkut, Surabaya juga dijadikan rumah sehat.

Uniknya rumah sehat milik RW 5 Wisma Kedung Asem Indah sudah disiapkan tabung dan peralatan kesehatan lainnya untuk merawat warga yang terpapar Covid-19.

Ketua RW 5 Wisma Kedung Asem Indah Kelurahan Kedung Baruk Kecamatan Rungkut Surabaya Didik Edy Susilo, mengatakan penyediaan ruang isolasi ini sudah dipersiapkan sejak awal dibentuknya Kampung Tanggung Wani Jogo Suroboyo.

Menurutnya, tempat isolasi ini memang harus dipersiapkan sejak dini karena khawatir ada peningkatan kasus Covid-19.

"Kondisi sejumlah rumah sakit sekarang penuh, maka bisa dirawat sementara di tempat isolasi kami yang sudah dipersiapkan," kata Didik. (mcr6/antara/jpnn)

Sejumlah RW di Kota Surabaya, Jawa Timur, mulai menyediakan rumah sehat alias tempat isolasi mandiri bagi warga yang terpapar Covid-19.