Ipuk Ajak Warga yang Terkena Covid-19 Memanfaatkan Ruang Isolasi Terpusat

Rabu, 28 Juli 2021 – 23:21 WIB
Ipuk Ajak Warga yang Terkena Covid-19 Memanfaatkan Ruang Isolasi Terpusat - JPNN.com Jatim
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menjenguk dan berikan vitamin dan kebutuhan sehari-hari warga menjalani isolasi mandiri. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengajak warga terpapar Covid-19 bersedia memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat.

"Saya minta satgas kecamatan apabila ada warganya yang melakukan isolasi mandiri di rumah, didorong untuk memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat untuk menghindari keterlambatan penanganan medis," ujar Bupati Ipuk, Selasa (27/7).

Bupati Ipuk mengatakan, terdapat beberapa kasus kematian pasien Covid-19 akibat keterlambatan penanganan medis ketika melakukan isolasi mandiri.

Namun, dia tidak memungkiri bahwa masih ada anggapan bahwa warga yang diisolasi di fasilitas terpusat seolah sedang dikucilkan.

"Saat ini di seluruh kecamatan sudah terdapat fasilitas isolasi terpusat yang didirikan satgas kecamatan. Lebih baik lakukan isolasi di tempat tersebut," tutur Ipuk.

Sejumlah kecamatan di Banyuwangi telah memiliki tempat isolasi terpusat yang memanfaatkan fasilitas publik seperti sekolah, dan penginapan.

Sebagian besar tempat tersebut sudah banyak ditempati warga, namun memang ada warga yang memilih isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Bupati Ipuk mengaku telah mendapat laporan evaluasi satgas kabupaten yang meninjau langsung kesiapan dan fasilitas yang ada di isolasi terpusat kecamatan.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengajak warga terpapar Covid-19 bersedia memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat.