Semester Depan, Unej Punya Prodi Magister HAM, Salut!

Selasa, 01 Juni 2021 – 14:03 WIB
Semester Depan, Unej Punya Prodi Magister HAM, Salut! - JPNN.com Jatim
Rektor Unej Iwan Taruna memberikan sambutan saat penandatanganan MoU kerja sama dengan Komnas HAM secara daring di Kampus Unej, Senin (31/5/2021) sore. Foto: ANTARA/ HO - Humas Unej

jatim.jpnn.com, JEMBER - Universitas Jember (Unej) menargetkan akan segera membuka Program Studi (Prodi) Magister Hak Asasi Manusia (HAM) pada semester gasal 2021-2022.

Prodi Magister HAM di Unej tersebut digadang-gadang menjadi yang pertama di Indonesia.

"Pemenuhan persyaratan pembukaan prodi itu dimulai dengan mengirimkan berkas ke Ditjen Dikti pada Desember 2020," kata Rektor Unej Iwan Taruna, Senin (31/5).

Prosesnya dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara rektor dengan Ketua Komisi Nasional (Komnas) HAM Ahmad Taufan Damanik secara daring.

Iwan menyampaikan banyak bidang kerja Komnas HAM yang beririsan dengan tugas perguruan tinggi. Di antaranya, penelitian dan sosialisasi ke masyarakat.

Ketua Komnas HAM Taufan mendukung langkah Unej pembukaan prodi itu. Menurut dia, perguruan tinggi adalah salah satu pilar penting pembangunan dan penegakan HAM di Nusantara.

Dia menjelaskan Indonesia memiliki banyak nilai dan kearifan lokal yang berkontribusi bagi pengembangan HAM.

Penggalian nilai serta kearifan lokal terkait dengan HAM tersebut umumnya dilakukan oleh perguruan tinggi melalui berbagai riset, kajian solutif, hingga pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan.

Semester depan, Unej Jember punya prodi S-2 baru yaitu Magister Hak Asasi Manusia (HAM). Begini lengkapnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News