Lapas Lamongan Lakukan Tes Urine Dadakan, Tokoh Masyarakat Sampai Ikut Menggeledah

Kamis, 17 Februari 2022 – 08:27 WIB
Lapas Lamongan Lakukan Tes Urine Dadakan, Tokoh Masyarakat Sampai Ikut Menggeledah - JPNN.com Jatim
Tes urine warga binaan di Lapas Lamongan. Tokoh masyarakat setempat juga ikut melakukan penggeledahan. Foto: Humas Kemenkumham Jatim

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Tokoh masyarakat di Lamongan ikut serta melakukan penggeledahan di Lapas setempat pada Selasa (15/2).

Petugas lapas sengaja mengajak tokoh masyarakat sebagai bentuk transparansi.

Penggeledahan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB diikuti Polres, Kodim, dan LSM, termasuk camat, lurah, sampai ketua RT sebagai perwakilan masyarakat.

“Kami ingin masyarakat tahu kondisi nyata di dalam lapas,” ujar Plt. Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto, Rabu (16/2).

Menurut Wisnu, masyarakat harus tahu di dalam lapas seperti apa agar bisa memberikan penilaian objektif terkait dengan kondisinya.

“Agar masyarakat tidak hanya berasumsi atau mendengar rumor saja, tetapi bisa melihat langsung kondisi di dalam,” kata dia.

Plt. Kalapas Lamongan Mahrus yang memimpin kegiatan membagi tim menjadi dua kelompok. Tak hanya penggeledahan, petugas juga melakukan tes urine kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Kegiatan itu merupakan titik awal dalam membangun sinergitas dan saya berharap giat tersebut dapat dilaksanakan rutin triwulan dengan bantuan kerja sama mitra yang lain,” ucap alumnus AKIP angkatan ke-29 itu.

Selain tes urine, tokoh masyarakat ikut menggeledah kamar hunian di Lapas Lamongan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News