Presiden Jokowi Menyetujui Vaksin Merah Putih Didonasikan ke Luar Negeri

Rabu, 09 Februari 2022 – 20:40 WIB
Presiden Jokowi Menyetujui Vaksin Merah Putih Didonasikan ke Luar Negeri - JPNN.com Jatim
Vaksin Merah Putih akan diuji klinis 9 Februari 2022. Foto: Humas Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengusulkan vaksin Merah Putih yang dikembangkan Unair dan PT Biotis Pharmaceuticals untuk booster dan anak usia tiga sampai enam tahun. 

Ada hal lain yang sedang disoroti pihaknya, yaitu rencana untuk mendonasikan Vaksin Merah Putih ke luar negeri, khususnya Afrika. 

Budi mengatakan alasan kawasan itu dipilih karena di sana, penetrasi distribusi vaksin Covid-19 masih lambat. Akibatnya, capaian vaksinasi tidak merata. 

"Banyak donasi vaksin jenis Moderna dan Pfizer yang membutuhkan logistik dengan suhu yang cukup tinggi, yaitu minus 25 sampai minus 28 derajat celsius," kata Budi saat kick off uji klinis Vaksin Merah Putih secara virtual, Rabu (9/2).

Budi juga mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bersedia dan setuju menggunakan Vaksin Merah Putih sebagai donasi dari RI ke luar negeri. 

Donasi itu utamanya diberikan kepada negara-negara muslim di Afrika yang kesulitan mendapatkan vaksin dikarenakan status halal.

Pemberian donasi itu sekaligus dalam rangka menyambut Indonesia menjadi tuan rumah dalam G20 pada November mendatang. 

"Jadi, tak hanya dipakai secara lokal (di Indonesia,red) saja, tetapi juga internasional juga," ungkapnya. 

Presiden Jokowi bersedia dan setuju vaksin yang dikembangkan Unair dan PT Biotis Pharmaceuticals didonasikan ke luar negeri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News